Makalah Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah yang maha megetahui dan maha bijaksana yang telah memberi petunjuk agama yang lurus kepada hamba-Nya dan hanya kepada-Nya. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang membimbing umat nya degan suri tauladan-Nya yang baik.
Syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan anugrah, kesempatan dan pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan pengetahuan tentang mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap khsususnya materi Peran masyarakat Dalam Pembelajaran Kelas Rangkap, semua dirangkum dalam makalah ini, agar pemahaman terhadap materi lebih mudah di pahami dan lebih singkat sehingga dapat membantu memperdalam pemahaman.
Sistematika makalah ini dimulai dari pengantar yang merupakan apersepsi atas materi yang telah dan akan dibahas dalam bab tersebut .Selanjutnya, Pembaca akan masuk pada inti pembahasaan dan diakhiri dengan kesimpulan, dan saran makalah ini. Diharapkan pembaca dapat memahami secara menyeluruh materi Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap. Akhirnya, kami penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna untuk menjadi lebih sempurna lagi kami membutuhkan kritik dan saran dari pihak lain untuk membagikannya kepada kami demi memperbaiki kekurangan pada makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaaat bagi anda semua.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Yang Perlu Diketahui Orang tua dan Masyarakat tentang Sekolah
C. Orang Tua dan Masyarakat dalam Membantu Sekolah
D. Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat dalam Membangun Pendidikan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah, keluarga, dan masyarakat adalah tiga elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pendidikan. Ketiganya harus mampu bekerjasama, maka akan timbul berbagai upaya bersama untuk menghadapi kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Sebaliknya, jika pendidikan bertumpu pada tiga elemen ini, maka proses pendidikan dapat terlaksana dengan sempurna. Dari ketiga elemen tersebut, keluarga merupakan fokus utama yang harus mendapat perhatian lebih, karena anak lebih banyak berada di rumah daripada ditempat lain. Proses pendidikan yang berlangsung di sekolah sangatlah terbatas, begitu juga dalam sekolah yang menerapkan pembelajaran kelas rangkap.
Segala sumber belajar yang ada di luar sekolah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pembelajaran. Sebagaimana diketahui bahwa PKR merupakan pendekatan pembelajaran yang memerlukan sumber belajar yang tidak terbatas pada buku yang ada di sekolah. Apalagi bila secara kenyataan justru di sekolah itu tidak tersedia sumber belajar yang diperlukan. Sesungguhnya masyarakat merupakan sumber belajar asalkan kita sebagai guru tahu, mau dan mampu merancang dan memprogramkannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
Sebagai agen pembawa perubahan. Guru berperanan sebagai pengayom, bagi muridnya. Guru juga mewakili misi moral dan nilai dari masyarakat tempat ia bertugas, guru bertugas menyampaikan misi ini kepada muridnya. guru harus berusaha keras untuk mendatangkan perubahan yang positif terhadap sikap dan perilaku anggota masyarakat melalui proses pembelajaran di sekolah dan melalui interaksi dengan anggota masyarakat setempat. Jadi, seorang guru tidak boleh hidup menyendiri. Ia adalah wakil rakyat, bukan dalam arti politis, tetapi dalam arti yang sesungguhnya yaitu mencari, mendatangkan, dan mengajarkan perubahan yang berguna bagi anak didik, orang tua, dan masyarakat.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah pengertian peran masyarakat dalam pembelajaran kelas rangkap?
2. Apakah yang perlu diketahui orang tua dan masyarakat tentang sekolah?
3. Bagaimananakah orang tua dan masyarakat dalam membantu sekolah?
4. Bagaimanakah peran serta orang tua dan masyarakat dalam membangun pendidikan?
C. Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apa peran masyarakat dalam pembelajaran kelas rangkap.
2. Untuk mengetahui apa yang perlu diketahui orangtua dan masyarakat tentang sekolah.
3. Untuk mengetahui bagaimana orang tua dan masyarakat dalam membantu sekolah.
4. Untuk mengetahui bagaimana orang tua dan masyarakat dalam membangun pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
1. Pengertian Peran
Menurut Abu Ahmadi (1982) peran adalah suatu kompleks pengharapan manusia terhadap caranya individu harus bersikap dan berbuat dalam situasi tertentu yang berdasarkan status dan fungsi sosialnya.
Peran adalah suatu rangkaian yang teratur yang ditimbulkan karena suatu jabatan. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok. Dalam kehidupan berkelompok tadi akan terjadi interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan anggota masyarakat yang lainnya. Tumbuhnya interaksi diantara mereka ada saling ketergantungan. Dalam kehidupan bermasyarakat itu munculah apa yang dinamakan peran (role).
2. Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup, di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sisitem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain).
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah manusia yang hidup bersama di suatu wilayah tertentu dalam waktu yang cukup lama yang salingberhubungan dan berinteraksi dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama.
1. Pengertian Pembelajaran Kelas Rangkap
Pembelajaran Kelas Rangkap merupakan model pembelajaran dengan mencampur beberapa siswa yang terdiri dari dua atau tiga tingkatan kelas dalam satu kelas dan pembelajaran diberikan oleh satu guru saja untuk beberapa waktu. Pembelajaran kelas rangkap sangat menekankan dua hal utama, yaitu kelas digabung secara terintegrasi dan pembelajaran terpusat pada siswa sehingga guru tidak perlu berlari-lari antara dua ruang kelas untuk mengajar dua tingkatan kelas yang berbeda dengan program yang berbeda.
Jadi pengertian peran masyarakat dalam pembelajaran kelas rangkap adalah upaya untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta memberikan bahan tambahan pengetahuan bagi siswa dan masyarakat berkaitan dengan peran serta masyarakat.
B. Orangtua dan Masyarakat yang Perlu Diketahui Tentang Sekolah
1. RPS (Rencana Pengembangan Sekolah).
a. Uraian tentang apa yang akan dilakukan oleh sekolah dalam 3 sampai 5 tetapi belum terlalu rinci.
b. RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah). Uraian tentang apa yang akan dilakukan oleh sekolah dalam 1 tahun ke depan yang merupakan rincian dari RPS. Biasanya memuat: kegiatan, jumlah dana,dan sumber dana.
2. Kegiatan belajar mengajar baik didalam kelas maupun diluar kelas dan evaluasi hasil belajar. Pentingnya orangtua dan masyarakat mengetahui tentang kegiatan belajar siswa disekolah, mereka akan memantau perkembangan anak mereka serta mampu memberikan evaluasi terhadap apa yang dilakukan anaknya dalam kegiatan pembelajaran serta mampu membantu dan membimbing kearah yang lebih baik.
3. Laporan pelaksanaan program sekolah. Merupakan salah satu kewajiban kepala sekolah setiap akhir tahu pembelajaran menyampaikan laporan tahunan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan program pendidikan selama kurun waktu satu tahun pembelajaran yang disampaikan pada orangtua siswa serta kepada pihak yang terkait dalam program tersebut.
4. Berbagai hal dan kondisi lain yang terkait dengan sekolah. Orang tua dan masyarakat perlu mengetahui kondisi yang terkait dengan sekolah, misalnya sekolah akan mengadakan pentas seni yang akan melibatkan putra putrinya untuk mengikuti hal tersebut. Dukungan dan peran serta dari orangtua dan masyarakat sangatlah membantu peserta didik untuk menjadi lebih baik.
C. Perlunya Orangtua dan Masyarakat dalam Membantu Sekolah.
Pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga unsur tersebut harus bekerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan demikian ada beberapa hal terkait bantuan apa saja yang dapat diberikan untuk sekolah.
Bantuan yang dapat diberikan Orangtua dan Masyarakat untuk sekolah sebagai berikut :
a. Bantuan Dana atau Barang
Ø Orang tua dan masyarakat dapat memberikan bantuan dana atau barang untuk program sekolah. Seperti pengecatan, pembuatan pagar, kamar mandi, koperasi sekolah, tempat sampah.
Ø Orang tua dan masyarakat dapat memberikan dukungan atau bantuan dana atau barang untuk menunjang program pembelajaran di kelas. Seperti alat peraga, papan pajangan.
b. Bantuan tenaga
Ø Orang tua dan masyarakat mempunyai kesempatan memberikan bantuan tenaga berupa bakti sosial. Seperti memperbaiki gedung sekolah, membuat atu memperbaiki pagar,membuat taman atau keteduhan sekolah.
Ø Bantuan tenaga dapat pula dalam bentukmembantu siswa belajar, membaca dan menulis, menjahit,menganyam, dll.
Bantuan pemikiran
Ø Orangtua dapat membantu dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah,seperti: Usulan memberikan, jam tambahan belajar,usulan menambah kegiatan minat dan bakat atau ekstra.
E. Peran Serta Orang tua dan Masyarakat dalam Membangun Pendidikan.
Peran serta Masyarakat (PSM) dalam pendidikan memang sangat erat sekali berkait dengan pengubahan cara pandang masyarakat terhadap pendidikan . ini tentu saja bukan hal yang ,mudah untuk dilakukan. Akan tetapi apabila tidak dimulai dan dilakukan dari sekarang, kapan rasa memiliki, kepedulian, keterlibatan, dan peran serta aktif masyarakat dengan tingkatan maksimal dapat diperolah dunia pendidikan. Ada tuju peran orangtua dan masyarakat dalam membangun pendidikan, sebagai berikut :
1. Sebagai pengguna jasa layanan pendidikan yang tersedia. Masyarakat terbatas pada memanfaatkan jasa sekolah untuk mendidik anaknya.
2. Berperan serta secara pasif. Masyarakat menyetujui dan menerima apa yang diputuskan oleh pihak sekolah, misal mematuhi keputusan membayar iuran bagi anaknya yang bersekolah.
3. Sebagai pemberi sumbangan. Masyarakat berperanserta dalam perawatan dan pembangunan fisik sekolah dengan menyumbangkan dana,barang, dan atau tenaga.
4. Berkonsultasi. Orangtua datang ke sekolah untuk berkonsultasi tentang masalah pembelajaran yang dialami anaknya.
5. Berperanserta dalam pelayanan. Masyarakat terlibat dalam kegiatan sekolah, misalnya membantu sekolah ketika ada kegiatan pramuka dan kegiatan keagamaan.
6. Sebagai Pelaksana Kegiatan. Misalnya, masyarakat terlibat langsung dalam kegiatanbelajar mengajar di kelas membantu guru mengajar, memberikan penyuluhan pentingnya pendidikan, mencatat anak usia sekolah di lingkungannya.
7. Terlibat dalam Pengambilan Keputusan. Masyarakatterlibat dalam pembahasan masalah pendidikan dan ikut dalam proses pengambilan keputusan dalam rencana pengembangan sekolah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditari kesimpulan.
1. Peran serta masyarakat dalam pembelajaran kelas rangkap adalah upaya untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta memberikan bahan tambahan pengetahuan bagi siswa dan masyarakat berkaitan dengan peran serta masyarakat.
2. Yang perlu diketahui orangtua dan masyarakat tentang sekolah adalah RPS (Rencana Pengembangan Sekolah), kegiatan belajar mengajar baik didalam kelas maupun diluar kelas dan evaluasi hasil belajar, laporan pelaksanaan program sekolah, dan berbagai hal dan kondisi lain yang terkait dengan sekolah.
3. Upaya orang tua dan masyarakat dalam membantu sekolah adalah bantuan dana atau barang, bantuan tenaga, dan bantuan pemikiran.
4. Peran serta orang tua dan masyarakat dalam membangun pendidikan adalah sebagai pengguna jasa layanan pendidikan yang tersedia, berperan serta secara pasif, sebagai pemberi sumbangan,berkonsultasi, berperan serta dalam pelayanan, sebagai pelaksana kegiatan, dan terlibat dalam pengambilan keputusan.
B. Saran
Sebaiknya peran masyarakat dan orang tua perlu ditingkatkan lagi untuk menunjang pembelajaran peserta didik dalam membangun pendidikan yang bermutu.
DAFTAR PUSTAKA
Raka Joni, T. (1996). Pembelajaran Merangkap Kelas (Naskah disiapkan untuk Pelatihan Guru Pamong). Jakarta: BP3GSD.
Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Harsono. 2011. Emografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Aqib, Zainal dan Rahmanto, Elham. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung : Yrama Widya.
_ _ _ _ _ _ _
_ _ _ _ _ _ _ _
_ _ _ _ _ _ _
Download Makalah Makalah Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
Download Presentasu Makalah Peran Masyarakat dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
No comments