MAKALAH
LITERASI DAN SASTRA INDONESIA SD
Kalimat yang Baik dan Benar & Penggunaan PUEBI dalam Menulis
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana
yang telha memberi petunjuk agama yang lurus kepada
hamba-Nya dan hanya kepada-Nya lah kita berlindung.
Sholawat serta salam semoga selalu tercurahan kepada Nabi Muhammad SAW yang membimbing umatnya
dengan suri tauladan yang baik.
Dan segala syukur kehadiran Allah SWT yang telah memerikan
anugerah, kesempatan dan
pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesakan makalah ini. Makalah ini merupakan pengetahuan tentang kalimat yang
baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam menulis.
Semua materi telah terangkum dalam makalah ini, agar pemahaman terhadap materi lebih mudah
serta lebih singkat.
Sistematika makalah ini dimulai dari pengantar yang merupakan apersepsi atas materi yang telah dan akan dibahas dalam makalah tersebut. Selanjutnya membaca akan masuk dalam inti pembahasan dan diakhiri dengan kesimpulan dari makalah ini. Diharapkan pembaca dapat memahami tentang kalimat yang baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam menulis berdasarkan materi yang kami sajikan. Kami selaku penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Daftar Isi
Kata Pengantar
Bab 1. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan.
D. Manfaat
Bab II. Pembahasan
A. Sejarah Singkat
Ejaan di Indonesia
B. Pengertian Ejaan
C.
Pemakaian Huruf dalam Bahasa Tulis
D. Penulisan Kata pada Bahasa
Tulis
E.
Pemakaian Tanda Baca pada Bahasa Tulis
F. Penulisan Unsur Serapan
pada Bahasa Tulis
G.
Pengertian Kalimat Efektif
H. Ciri-ciri Kalimat Efektif
I.
Syarat Kalimat Efektif
J. Struktut Kalimat Efektif
K.
Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
BAB III. Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
BAB II
PEMBAHASAN
Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang tersebar di banyak daerah.
Perbedaan bahasa antara satu daerah dengan daerah lain tentu menyulitkan
komunikasi suatu kelompok masyarakat
dengan kelompok masyarakat lainnya. Bahasa Indonesia memiliki fungsi-fungsi yang sangat vital dalam kelangsungan berbangsa dan bernegara. Bahasa Indonesia yang bisa dijadikan
pedoman oleh seluruh
masyarakat di penjuru
Nusantara sehingga dapat menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan baik. Selanjutnya, untuk kepentingan tersebut,
Pemerintah Republik Indonesia
telah menyususn dan memberlakukan ejaan bahasa Indonesia
baku yang telah mengalami
beberapa kali penyempurnaan sehingga akhirnya menjadi Pedoman Ejaan Umum
Bahasa Indonesia.
Kemampuan berbahasa Indonesia adalah
salah satu syarat yang harus dipenuhi masyarakat
Indonesia, tidak terkecuali murid sekolah dasar. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar, bahasa
Indonesia merupakan mata pelajaran pokok. Pelajaran
bahasa Indonesia diajarkan kepada murid berdasarkan kurikulum yang berlaku, yang di dalamnya
(kurikulum pendidikan dasar) tercantum beberapa
tujuan pembelajaran. Salah
satu tujuan pokoknya adalah murid mampu dan terampil berbahasa Indonesia dengan baik dan benar setelah
mengalami proses belajar mengajar di sekolah.
Keterampilan berbahasa itu tidak saja meliputi satu aspek, tetapi di
dalamnya termasuk kemampuan membaca,
menulis, mendengarkan (menyimak), dan berbicara. Dalam proses pemerolehan dan penggunaannya, keterampilan berbahasa tersebut saling
berkaitan.
Bahasa
tulis mencakup sejumlah
unsur-unsur bahasa, salah satunya adalah mengenai
ejaan yang mencakup macam-macam huruf, berbagai kata, dan aneka tanda baca. Ada beberapa hal yang perlu
dikemukakan, khususnya berbagai persoalan yang
akan dibahas dalam bab ini. Hal-hal yang dimaksud adalah pemakaian
huruf, pemakaian huruf kapital dan
pemakaian huruf miring pada bahasa tulis. Selain itu bahasa tulis juga digunanakan sebagai dasar untuk menyusun
kalimat efektif. Bahasa tulis hendaknya dapat mendukung
maksud secara jelas agar apa yang dipikirkan, diinginkan, atau dirasakan
itu dapat diterima oleh pendengar atau pembaca
Kalimat yang dapat mencapai sasarannya
secara baik disebut dengan kalimat
efektif. Kalimat efektif
adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh
pendengar/ pembaca secara tepat pula. Kalau
gagasan yang disampaikan sudah tepat, pendengar/ pembaca
dapat memahami pikiran
tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti
apa yang dimaksud
oleh penulis atau pembicaranya. Akan tetapi, kadang-kadang harapan itu tidak tercapai. Misalnya, ada sebagian lawan bicara atau
pembaca tidak memahami apa maksud yang diucapkan atau yang dituliskan. Supaya kalimat yang dibuat dapat mengungkapkan gagasan
pemakainya secara tepat, unsur kalimat
yang digunakan harus lengkap
dan eksplisit. Artinya,
unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan.
Sebaliknya, unsur-unsur yang seharusnya
tidak ada tidak perlu dimunculkan. Kelengkapan dan keeksplisitan semacam
itu dapat diukur berdasarkan keperluan
komunikasi dan kesesuaiannya dengan kaidah (Mustakim, 1994:86). Dalam
karangan ilmiah sering kita jumpai
kalimat-kalimat yang tidakxmemenuhi syarat sebagai bahasa ilmiah. Hal ini disebabkan oleh, antara
lain, mungkin kalimat-kalimat yang dituliskan
kabur, kacau, tidak logis, atau bertele-tele. Dengan adanya kenyataan
itu, pembaca sukar mengerti maksud
kalimat yang kita sampaikan karena kalimat tersebut tidak efektif. Berdasarkan kenyataan inilah diperlukan pembahasan mendalam mengenai
kalimat efektif dengan segala permasalahannya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
yang telah dipaparkan maka dapat disusun
rumusan masalah sebagai berikut.
1. Bagaimana sejarah
singkat ejaan di Indonesia?
2. Apa pengertian ejaan?
3. Bagaimana pemakaian
huruf pada bahasa tulis?
4. Bagaimana penulisan kata pada bahasa tulis?
5. Bagaimana pemakaian
tanda baca pada bahasa tulis?
6. Bagaimana penulisan
unsur serapan pada bahasa tulis?
7. Apa yang dimaksud dengan
kalimat efektif?
8. Apa ciri-ciri
kalimat efektif?
9. Apa syarat yang mendasari
kalimat efektif?
10. Bagaimana struktur
kalimat efektif?
11. Bagaimana contoh kalimat efektif dan tidak efektif
yang sering ditemui?
C. Tujuan
Adapun tujuan
dari penulisan makalah
ini yaitu:
1. Agar mahasiswa
memahami sejarah singkat
ejaan di Indonesia.
2. Agar mahasiswa
memahami pengertian ejaan
3. Agar mahasiswa
memahami pemakaian huruf
pada bahasa tulis.
4. Agar mahasiswa
memahami penulisan kata pada
bahasa tulis
5. Agar mahasiswa memahami pemakaian tanda
baca pada bahasa tulis
6. Agar mahasiswa
memahami penulisan unsur
serapan pada bahasa tulis
7. Agar mahasiswa
memahami pengertian kalimat
efektif
8. Agar mahasiswa memahami ciri-ciri, syarat
dan struktur dari kalimat efektif/
9.
Agar mahasiswa dapat meminimalisir kesalahan dalam penggunakan bahasa Indonesia sehingga menjadi baik dan benar.
10. Mengetahui apa dan bagaimana penggunaan kalimat efektif
dalam berbahasa.
11. Menjaga kemurnian bahasa Indonesia.
D. Manfaat
Menambah wawasan bagi mahasiswa khususnya dalam materi penggunaan PUEBI dalam menulis dan bisa memahami bagaimana yang dikatakan dengan kalimat efektif. Selain itu pemaparan materi ini diharapkan memberikan sumbangan sebagai sarana menjaga budaya Bahasa Indonesia yang baik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- - - - - -
- - - - - -
- - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Download Makalah
Download Presentasi Makalah
menulis di sini

No comments