MAKALAH

LITERASI DAN SASTRA INDONESIA SD

 

Kalimat yang Baik dan Benar & Penggunaan PUEBI dalam Menulis




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana yang telha memberi petunjuk agama yang lurus kepada hamba-Nya dan hanya kepada-Nya lah kita berlindung. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahan kepada Nabi Muhammad SAW yang membimbing umatnya dengan suri tauladan yang baik.

Dan segala syukur kehadiran Allah SWT yang telah memerikan anugerah, kesempatan dan pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesakan makalah ini. Makalah ini merupakan pengetahuan tentang kalimat yang baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam menulis. Semua materi telah terangkum dalam makalah ini, agar pemahaman terhadap materi lebih mudah serta lebih singkat.

Sistematika makalah ini dimulai dari pengantar yang merupakan apersepsi atas materi yang telah dan akan dibahas dalam makalah tersebut. Selanjutnya membaca akan masuk dalam inti pembahasan dan diakhiri dengan kesimpulan dari makalah ini. Diharapkan pembaca dapat memahami tentang kalimat yang baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam menulis berdasarkan materi yang kami sajikan. Kami selaku penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                                                    Penulis



DAFTAR ISI

Halaman Judul

Daftar Isi

Kata Pengantar

Bab 1.      Pendahuluan

A.     Latar Belakang

B.     Rumusan Masalah

C.     Tujuan.

D.     Manfaat

Bab II.     Pembahasan

                   A.     Sejarah Singkat Ejaan di Indonesia

                   B.     Pengertian Ejaan

                   C.     Pemakaian Huruf dalam Bahasa Tulis

                   D.     Penulisan Kata pada Bahasa Tulis

                   E.      Pemakaian Tanda Baca pada Bahasa Tulis

                   F.      Penulisan Unsur Serapan pada Bahasa Tulis

                   G.     Pengertian Kalimat Efektif

                   H.     Ciri-ciri Kalimat Efektif

                   I.        Syarat Kalimat Efektif

                   J.       Struktut Kalimat Efektif

                   K.     Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

BAB III. Penutup

                   A.     Kesimpulan

                   B.     Saran

Daftar Pustaka


BAB II

PEMBAHASAN

 A.     Latar Belakang

Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang tersebar di banyak daerah. Perbedaan bahasa antara satu daerah dengan daerah lain tentu menyulitkan komunikasi suatu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Bahasa Indonesia memiliki fungsi-fungsi yang sangat vital dalam kelangsungan berbangsa dan bernegara. Bahasa Indonesia yang bisa dijadikan pedoman oleh seluruh masyarakat di penjuru Nusantara sehingga dapat menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan baik. Selanjutnya, untuk kepentingan tersebut, Pemerintah Republik Indonesia telah menyususn dan memberlakukan ejaan bahasa Indonesia baku yang telah mengalami beberapa kali penyempurnaan sehingga akhirnya menjadi Pedoman Ejaan Umum Bahasa Indonesia.

Kemampuan berbahasa Indonesia adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali murid sekolah dasar. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar, bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran pokok. Pelajaran bahasa Indonesia diajarkan kepada murid berdasarkan kurikulum yang berlaku, yang di dalamnya (kurikulum pendidikan dasar) tercantum beberapa tujuan pembelajaran. Salah satu tujuan pokoknya adalah murid mampu dan terampil berbahasa Indonesia dengan baik dan benar setelah mengalami proses belajar mengajar di sekolah. Keterampilan berbahasa itu tidak saja meliputi satu aspek, tetapi di dalamnya termasuk kemampuan membaca, menulis, mendengarkan (menyimak), dan berbicara. Dalam proses pemerolehan dan penggunaannya, keterampilan berbahasa tersebut saling berkaitan.

Bahasa tulis mencakup sejumlah unsur-unsur bahasa, salah satunya adalah mengenai ejaan yang mencakup macam-macam huruf, berbagai kata, dan aneka tanda baca. Ada beberapa hal yang perlu dikemukakan, khususnya berbagai persoalan yang akan dibahas dalam bab ini. Hal-hal yang dimaksud adalah pemakaian huruf, pemakaian huruf kapital dan pemakaian huruf miring pada bahasa tulis. Selain itu bahasa tulis juga digunanakan sebagai dasar untuk menyusun kalimat efektif. Bahasa tulis hendaknya dapat mendukung maksud secara jelas agar apa yang dipikirkan, diinginkan, atau dirasakan itu dapat diterima oleh pendengar atau pembaca

Kalimat yang dapat mencapai sasarannya secara baik disebut dengan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/ pembaca secara tepat pula. Kalau gagasan yang disampaikan sudah tepat, pendengar/ pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis atau pembicaranya. Akan tetapi, kadang-kadang harapan itu tidak tercapai. Misalnya, ada sebagian lawan bicara atau pembaca tidak memahami apa maksud yang diucapkan atau yang dituliskan. Supaya kalimat yang dibuat dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat, unsur kalimat yang digunakan harus lengkap dan eksplisit. Artinya, unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan.

Sebaliknya, unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu dimunculkan. Kelengkapan dan keeksplisitan semacam itu dapat diukur berdasarkan keperluan komunikasi dan kesesuaiannya dengan kaidah (Mustakim, 1994:86). Dalam karangan ilmiah sering kita jumpai kalimat-kalimat yang tidakxmemenuhi syarat sebagai bahasa ilmiah. Hal ini disebabkan oleh, antara lain, mungkin kalimat-kalimat yang dituliskan kabur, kacau, tidak logis, atau bertele-tele. Dengan adanya kenyataan itu, pembaca sukar mengerti maksud kalimat yang kita sampaikan karena kalimat tersebut tidak efektif. Berdasarkan kenyataan inilah diperlukan pembahasan mendalam mengenai kalimat efektif dengan segala permasalahannya.

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan maka dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut.

1.     Bagaimana sejarah singkat ejaan di Indonesia?

2.     Apa pengertian ejaan?

3.     Bagaimana pemakaian huruf pada bahasa tulis?

4.     Bagaimana penulisan kata pada bahasa tulis?

5.     Bagaimana pemakaian tanda baca pada bahasa tulis?

6.     Bagaimana penulisan unsur serapan pada bahasa tulis?

7.     Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?

8.     Apa ciri-ciri kalimat efektif?

9.     Apa syarat yang mendasari kalimat efektif?

10.  Bagaimana struktur kalimat efektif?

11.  Bagaimana contoh kalimat efektif dan tidak efektif yang sering ditemui?


C.     Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu:

1.     Agar mahasiswa memahami sejarah singkat ejaan di Indonesia.

2.     Agar mahasiswa memahami pengertian ejaan

3.     Agar mahasiswa memahami pemakaian huruf pada bahasa tulis.

4.     Agar mahasiswa memahami penulisan kata pada bahasa tulis

5.     Agar mahasiswa memahami pemakaian tanda baca pada bahasa tulis

6.     Agar mahasiswa memahami penulisan unsur serapan pada bahasa tulis

7.     Agar mahasiswa memahami pengertian kalimat efektif

8.     Agar mahasiswa memahami ciri-ciri, syarat dan struktur dari kalimat efektif/

      9.     Agar mahasiswa dapat meminimalisir kesalahan dalam penggunakan bahasa Indonesia sehingga menjadi baik dan benar.

10.  Mengetahui apa dan bagaimana penggunaan kalimat efektif dalam berbahasa.

11.  Menjaga kemurnian bahasa Indonesia.

 

D.     Manfaat

Menambah wawasan bagi mahasiswa khususnya dalam materi penggunaan PUEBI dalam menulis dan bisa memahami bagaimana yang dikatakan dengan kalimat efektif. Selain itu pemaparan materi ini diharapkan memberikan sumbangan sebagai sarana menjaga budaya Bahasa Indonesia yang baik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


- - - - - - - - - - - -

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

  


Download Makalah kalimat yang baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam menulis selengkapnya di sini

Download Presentasi Makalah kalimat yang baik dan benar & penggunaan PUEBI dalam

menulis di sini

No comments

Powered by Blogger.